Langsung ke konten utama

Multimedia pada Halaman Web


 Multimedia Pada Halaman Web

Multimedia pada web adalah:
-         Sound
-         Musik
-         video
-         animasi
Web browser modern telah mendukung sejumlah format multimedia
·         Multimedia mempunyai banyak format berbeda.
·         Multimedia berupa sesuatu yang dapat didengar atau dilihat.
·         Contohnya: teks, gambar, musik, suara, video, film, animasi, dan lainnya.
·         Pada Internet sering kita lihat elemen multimedia ditempelkan pada halaman web.
Menggunakan Plugin
·         Plugin adalah program kecil yang memperluas fungsionalitas standar pada web browser.
·         Plugin dapat digunakan untuk bermacam-macam tujuan: memainkan musik, menampilkan peta, verivikasi bank id, dan lain-lain.
·         Plugin dapat ditambahkan ke halaman HTML menggunakan tag <object> atau <embed>.
Menggunakan elemen <embed>
·         Tujuan tag embed> untuk menempelkan elemen multimedia kedalam halaman HTML.
·         Untuk memainkan file MP3 yang ditempelkan dalam halaman web:
<embed height="50px" width="100px" src="song.mp3" />
Catatan: Tag <embed> tidak terdapat pada HTML 4.
Menggunakan elemen <audio>
Elemen <audio> merupakan elemen HTML 5, tidak terdapat pada HTML 4, tetapi bekerja pada browser-browser baru.
<audio controls="controls">
<source src="song.mp3" type="audio/mpeg" />
<source src="song.ogg" type="audio/ogg" />
Your browser does not support this audio
</audio>
Menggunakan Google
<a href="song.mp3">Play Song</a>
<embed type="application/x-shockwave-flash"
wmode="transparent" src="http://www.google.com/reader/ui/3523697345-audio-player.swf?audioUrl=song.mp3" height="27" width="320">
</embed>
Menggunakan Hyperlink
ika halaman web menggunakan hyperlink ke file media, kebanyakan browser akan menggunakan "helper application" untuk memainkan file.
Kode berikut menampilkan link ke file MP3. Jika user mengklik link, browser akan membuka helper application untuk memainkan file:
<a href="song.mp3">Play the song</a>
Elemen Object HTML
Tujuan elemen <object> adalah untuk mendukung HTML helpers (Plug-Ins)
Helper application adalah program yang dapat dimuat oleh browser untuk “membantu". Helper application disebut juga Plug-Ins.
Helper application dapat digunakan untuk memainkan audio dan video (dan lainnya). Helper application dimuat menggunakan tag <object>.
Keuntungan menggunakan helper application untuk memainkan video dan audio, adalah seting player (rewind, pause, stop dan play) dapat dikontrol user.
Memainkan Wave Audio menggunakan QuickTime
<object width="420" height="360" classid="clsid:02BF25D5-8C17-4B23-BC80-D3488ABDDC6B" codebase="http://www.apple.com/qtactivex/qtplugin.cab">
<param name="src" value="liar.wav" />
<param name="controller" value="true" />
</object>
HTML Video
Video dapat dimainkandalam HTML bermacam-macam cara
<video width="320" height="240" controls="controls"> <source src="movie.mp4" type="video/mp4" /> <source src="movie.ogg" type="video/ogg" /> <source src="movie.webm" type="video/webm" /> <object data="movie.mp4" width="320" height="240"> <embed src="movie.swf" width="320" height="240" /> </object>
</video>
Tag <embed>
Tujuan tag <embed> untuk menempelkan elemen multimedia kedalam halaman HTML .
Kode HTML berikut menampilkan Flash video yang di-embedded kedalam halaman web:
<embed src="intro.swf" height="200" width="200"/>
Menggunakan Tag <object>
Tujuan tag <object> untuk menempelkan elemen multimedia kedalam halaman HTML .
Kode HTML berikut menampilkan Flash video yang di-embedded kedalam halaman web:
<object data="intro.swf" height="200" width="200"/>
Menggunakan Tag <video>
Elemen <video> adalah baru dalam HTML 5
Tujuan tag <video> untuk menempelkan elemen multimedia kedalam halaman HTML .
Kode HTML berikut menampilkan video dalam format ogg, mp4, atau webm yang di-embedded kedalam halaman web:
<video width="320" height="240" controls="controls"> <source src="movie.mp4" type="video/mp4" /> <source src="movie.ogg" type="video/ogg" /> <source src="movie.webm" type="video/webm" /> Your browser does not support the video tag. </video>
Video YouTube
Jika anda ingin memainkan video, anda dapat meng-upload video ke YouTube dan menyisipkan kode HTML untuk memainkan video kedalam halaman web anda.
       <iframe width="420" height="345" src="http://www.youtube.com/embed/XGSy3_Czz8k"> </iframe>


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(PEMODELAN PERANGKAT LUNAK) MATERI PPL KELAS XI

1.  Konsep Dasar Pemodelan Perangkat Lunak      1. Apa itu perangkat lunak? Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi menghubungkan antara pengguna dan komputer yang digunakan.  dapat dibilang perangkat lunak merupakan sebagai media penerjemah perintah yang diberikan oleh pengguna kepada komputer untuk selanjutnya diproses melalui perangkat keras komputer tersebut.Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras yang biasa disebut sebagai device driver, melakukan proses penghitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya, seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman. Secara umum ada tiga jenis perangkat lunak yang diketahui hingga saat ini yaitu sistem operasi yang merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Kedua yaitu perangkat lunak bahasa pemrograman seperti java. Dan yang ketiga yaitu perangkat lunak aplikasi yang merupakan penrangkat yang digunakan untuk memban

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER 1.     MOTHERBOARD Motherboard juga dikenal dengan nama system board adalah sebuah papan yang berisi komponen-komponen yang terintegrasi dan membentuk sistem penghubung antar bagian pada komputer. Motherboard merupakan bagian komputer yang paling utama. Didalam motherboard terdapat berbagai banyak  soket dan slot konektor. Semua bagian komputer selalu terhubung ke motherboard. Motherboard sering disebut juga dengan Mainboar d dan disingkat(Mobo). FUNGSI  MOTHERBOARD Tugas  motherboard  pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak dan seterusnya JENIS JENIS MOTHERBOARD Jenis motherboard ditentukan oleh tipe processor yang digunakan pada motherboard tesebut. Terdapat dua model Motherboa

INTERKONEKSI ANTAR KOMPUTER

Interkoneksi antarkomponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan tiga komponen (pemrosesan, memori utama dan perangkat masukan/keluaran). Disini saya akan sedikit membahas tentang tiga komponen yang saling terhubung tersebut.   1. Pemrosesan         Pemrosesan data (Inggris: data  processing ) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran. 2. Memori Utama         Memori utama