Langsung ke konten utama

Teknologi Web



Teknologi Web
Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang berbentuk klien/server yang dapat membentuk halaman-halaman web berdasarkan permintaan pemakai. Klien adalah pemakai yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai. Klien dan server berhubungan dalam suatu jaringan Internet atau Intranet. Web dapat diakses oleh berbaga iplatform dengan menggunakan browser, misalnya Internet Explorer,Mozilla,Opera, dan lain-lain.
1.    Profesi dalam pengembangan aplikasi web
Ada  banyak  ragam  dalam  profesi  di  dalam  bidang  Teknologi  Informasi,
bagaimana  dengan  profesi  yang  berada  dalam  lingkungan  pengembangan
aplikasi  web?  Berikut  ini  adalah  profesi-profesi  yang  langsung  terkait  dalam
pengembangan aplikasi web, diantaranya :


a)      Web Designer
Seorang desainer Web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan
tampilan  sebuah  website.  Tugasnya  adalah  pendisainan  tampilan  situs  (web)
mulai dari pengolahan gambar,  tata  letak, warna, dan semua aspek visual situs.
Fokus  utama mereka  adalah  tampilan  /  layout  dari  web. Mereka  lebih  konsen
dengan  bagaimana  halaman  terlihat  dan  apakah  berfungsi  sempurna  ketika
sudah  diberikan  bahasa  pemrograman.  Didalam  pendandanan  suatu  situs
seorang Web Designer harus menguasai :
-          HTML, DHTML
-          Pengolah Gambar
-          Animasi, Movie (Film)

b)      Web Programmer
Web Programmer  bertugas  dalam melakukan  pengcodingan  atau  pemograman
sebuah website  agar  dinamis.  dimana  agar  sebuah web  tersebut  dapat  telihat
mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan
situs misalnya  menyangkut  dengan  transaksi,  input  output  data  dan  database
maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat
aplikasi-aplikasi  yang  berkerja  diatas  situs  (web).  Penguasaan  yang  biasanya
harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
- CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script dan Applet

c)      Web Administrator
Tugasnya  adalah  untuk  memaintenance  suatu  server,  mengerti  akan  Sistem
Operasi  Server,  baik  itu  mulai  dari  instalasi  sampai  kepada  masalah
(troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
- OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan Server   Pemrograman Web Semester 1

  
d)     Web Master
Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai
dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri
ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya
suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan Server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)

e)      Web Developer
Kegiatan  diatas  secara  keseluruhan  dinamakan  suatu  team  yang  dinamakan
Web Developer.
Web developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan
di buat, membangun sebuat website..

Dari  semua  jenis  pekerjaan  diatas  tidak  semua  adalah  sebuah  profesi  karena
tidak  semua  orang  ahli  dalam  bidang  tersebut.  Yang  bisa  dikatakan  sebagai
sebuah  profesi  yaitu  jika  seseorang  sudah  ahli  di  dalam  bidang  pekerjaan
tersebut.  Jika  di  pekerjaan  diatas  yang  bisa  dikatakan  sebagai  sebuah  profesi
adalah web designer, web programmer, web administrator, web master dan web
developer  karena  dalam  bidang  tersebut  seseorang  memang  sudah  memiliki
keahlian di dalamnya.
2.  Sejarah web
Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung. Tidak ada perusahaan
yang  memiliki  internet,  yang  merupakan  upaya  kerja  sama  diatur  oleh  sistem
standar dan aturan. Tujuan dari menghubungkan komputer bersama-sama, tentu
saja, adalah untuk berbagi informasi. Ada banyak cara informasi dapat dikirimkan
antar komputer, termasuk email, transfer file (File Transfer Protocol), dan banyak
layanan  yang  lebih  khusus  yang  dibangun  dalam  layanan  Internet. Metode  ini
standar untuk mentransfer data atau dokumen melalui  jaringan dikenal sebagai
protokol. 

World Wide Web,  biasa  lebih  terkenal  disingkat  sebagai WWW  adalah  suatu
ruang  informasi  yang  dipakai  oleh  pengenal global  yang  disebut URL  (Uniform
Resource  Locator)  untuk mengenal  pasti  sumber  daya  berguna. WWW  sering
dianggap  sama  dengan  Internet  secara  keseluruhan,  walaupun  sebenarnya  ia
hanyalah bagian daripada Internet.

WWW  merupakan  kumpulan  web  server  dari  seluruh  dunia  yang  mempunyai
kegunaan  untuk  menyediakan  data  dan  informasi  untuk  dapat  digunakan
bersama. WWW adalah bagian  yang paling menarik dari  Internet. Melalui web,
para  pengguna  dapat mengakses  informasi-informasi  yang  tidak  hanya  berupa
teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.  

Kegunaan  ini  tergolong masih  baru  dibandingkan  surat  elektronik,  sebenarnya
WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang
peladennya  tersebar di  lima benua  termasuk  Indonesia yang  terhubung menjadi
satu melalui  jaringan  Internet.   Dokumen-dokumen  informasi  ini  disimpan  atau
dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). 

Suatu  halaman  dokumen  informasi  dapat  terdiri  atas  teks  yang  saling  terkait
dengan  teks  lainnya  atau  bahkan  dengan  dokumen  lain.   Keterkaitan  halaman
lewat  teks  ini disebut pranala. Dokumen  infomasi  ini  tidak hanya terdiri dari  teks
tetapi dapat  juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan
antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia. 

Jadi  dapat  disimpulkan  bahwa WWW  adalah  sekelompok  dokumen multimedia
yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik
pranala  (hyperlink), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke
dokumen lainnya.


WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada  tahun
1991.  Awalnya  Berners-Lee  hanya  ingin  menemukan  cara  untuk  menyusun
arsip-arsip  risetnya.  Untuk  itu,  beliau  mengembangkan  suatu  sistem  untuk
keperluan  pribadi.  Sistem  itu  adalah  program  peranti  lunak  yang  diberi  nama  
  
Enquire. Dengan  program  itu, Berners-Lee  berhasil menciptakan  jaringan  yang
menautkan  berbagai  arsip  sehingga  memudahkan  pencarian  informasi  yang
dibutuhkan.  Inilah  yang  kelak menjadi  dasar  dari  sebuah  perkembangan  pesat
yang dikenal sebagai WWW.


WWW  dikembangkan  pertama  kali  di  Pusat  Penelitian  Fisika  Partikel  Eropa
(CERN  :  Organisation  Europeenne  pour  la  Recherche  Nucleaire),  Jenewa,
Swiss.  Pada  tahun  1989  Berners-lee  membuat  pengajuan  untuk  proyek
pembuatan  hiperteks  global,  kemudian  pada  bulan Oktober  1990,  'World Wide
Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun
1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
3.    Cara kerja web
Sebuah web browser adalah program perangkat  lunak yang gunakan untuk
mengakses World Wide Web  dari  Internet.  Browser  pertama,  yang  disebut
NCSA  Mosaic,  dikembangkan  di  Pusat  Nasional  untuk  Aplikasi  Super
Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga
membantu mempopulerkan Web.
Meskipun  banyak  browser  yang  berbeda  yang  tersedia,  Microsoft  Internet
Explorer  dan  Mozilla  Firefox  yang  jauh  yang  paling  populer.  (Banyak
pengguna Mac  lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi
pasar  telah  membawa  perbaikan  terus-menerus  untuk  perangkat  lunak.
(keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic)
dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web
masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji
yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows
dan Macintosh.

  Alur Pengembangan Aplikasi Web
Berdasarkan persepsi dari beberapa pengembang perangkat  lunak dan ahli-ahli
dalam  bidang  rekayasa  perangkat  lunak  (software  engineering  professional),
Pengembangan Aplikasi Web  tidaklah  sama  dengan  rekayasa  perangkat  lunak
walaupun  keduanya  melibatkan  pemrograman  dan  pengembangan  perangkat
lunak.
Walaupun  banyak  mengadopsi  prinsip-prinsip  rekayasa  perangkat  lunak,
Pengembangan Aplikasi Web memiliki banyak pendekatan, metoda, alat bantu,
teknik  dan  panduan  yang  memenuhi  persyaratan  pembuatan  sistem  berbasis
web.
Pengembangan sistem berbasis web berbeda dengan pengembangan perangkat
lunak  konvensional,  dimana  pengembangan  sistem  berbasis web  lebih  banyak
menghadapi tantangan. Pengembangan Aplikasi Web adalah gabungan dari print
publishing  dan  pengambangan  perangkat  lunak,  diantara  marketing  dan
perhitungan dan diantara seni dan teknologi.
Alternatif model dari Pengembangan Aplikasi Web adalah sebagai berikut :

Formulasi (formulation)
Kegiatan  yang  berfungsi  untuk  merumuskan  tujuan  dan  ukuran  dari  aplikasi
berbasis web serta menentukan batasannya sistem.
Tujuan  yang  ingin  dicapai  bisa  dibedakan  menjadi  dua  kategori,  yaitu  :
1. Tujuan yang bersifat informatif   Pemrograman Web Semester 1
  
Menyediakan  suatu  informasi  tertentu  kepada  pengguna,  berupa  teks,  grafik,
audio, dan video.
2. Tujuan yang bersifat fungsional
Kemampuan  untuk  melakukan  suatu  fungsi  yang  dibutuhkan  pengguna,  misal
dengan  menggunakan  aplikasi  tersebut  seorang  guru  dapat  memperoleh  nilai
akhir  dan  statistik  nilai  guru  dari  data-data  ujian,  tugas,  kuis  yang  ia  input  ke
dalam aplikasi.
Perencanaan (planning)
Kegiatan  yang  digunakan  untuk menghitung  estimasi  biaya  proyek  pembuatan
aplikasi  berbasis  web  ini,  estimasi  jumlah  pengembang,  estimasi  waktu
pengembangan,  evaluasi  resiko  pengembangan  proyek,  dan  mendefinisikan
jadwal pengembangan untuk versi selanjutnya (jika diperlukan).
Analisis (analysis)
Kegiatan untuk menentukan persyaratan-persyaratan teknik dan mengidentifikasi
informasi  yang  akan  ditampilkan  pada  aplikasi  berbasis  web.  Analisis  yang
digunakan pada rekayasa web dilakukan dari empat sisi, yaitu :
1. Analisis isi informasi
Mengidentifikasi  isi  yang  akan  ditampilkan  pada  aplikasi  berbasis  web  ini.  Isi
informasi dapat berupa teks, grafik, audio, maupun video.
2. Analisis interaksi
Analisis yang menunjukkan hubungan antara web dengan pengguna.
3. Analisis fungsional
Analisis  tentang proses bagaimana aplikasi berbasis web  ini akan menampilkan
informasi kepada pengguna. PEMROGRAMAN WEB SEMESTER 1  



4. Analisis konfigurasi
Konfigurasi  yang digunakan pada aplikasi berbasis web,  internet,  intranet, atau
extranet.  Selain  itu,  analisis  ini  juga meliputi  relasi  database  dengan  web  jika
diperlukan.
Rekayasa (engineering)
Terdapat dua pekerjaan yang dilakukan secara paralel, yaitu desain isi informasi
dan desain arsitektur web.
Pada saat tahap desain, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
  Pembuatan  Diagram Wireframe  (Gambar  Rangka),  tujuan  dari  diagram
gambar  rangka  adalah  untuk menunjukkan  bagaimana  lay  out  halaman
web dan menunjukkan di mana fungsi dan konten seperti navigasi, kotak
pencarian, elemen bentuk dan sebagainya, tanpa desain grafis.
Diagram Situs, Sebuah diagram situs menunjukkan struktur situs secara
keseluruhan dan bagaimana halaman  individual berhubungan satu sama
lain.
Storyboard  dan  diagram  alir  pengguna,  Storyboard  ini  bertujuan  untuk
menunjukkan  langkah-langkah  yang  diperlukan  untuk  menyelesaikan
tugas-tugas,  opsi  yang  mungkin,  dan  juga  memperkenalkan  beberapa
standar jenis halaman
mplementasi (page generation) & pengujian (testing)
Suatu  kegiatan  pengembangan  untuk  mewujudkan  desain  menjadi  suatu  web
site.  Teknologi  yang  digunakan  tergantung  dengan  kebutuhan  yang  telah
dirumuskan pada tahap analisis.
Dalam tahap pengembangan ini, meliputi kegiatan:
  Authoring,    adalah  istilah  yang  digunakan  untuk  proses
mempersiapkan konten untuk nantinya diunggah di Web, atau lebih
khusus, menandai konten dengan tag HTML yang menggambarkan
isi dan fungsinya.
  Styling,  dalam  development  web,  penampilan  halaman  dalam
browser  dikendalikan  oleh  aturan  style  yang  ditulis  dalam  CSS  (
Cascading Style Sheets )
  Scripting  dan  pemrograman,  ada  bahasa  pemrograman  web
terkait  diantaranya  PHP,  Ruby,  Python,  dan  ASP.NET,  yang
berjalan  pada  server  dan  mengolah  data  dan  informasi  sebelum
dikirim ke browser pengguna.


Pengujian  dilakukan  setelah  implementasi  selesai  dilaksanakan.  Pengujian
meliputi  beberapa  parameter  yang  akan menentukan  standar  aplikasi  berbasis
web  yang  telah  dibuat.  Tahap  pengujian  adalah  suatu  proses  untuk  menguji
aplikasi  berbasis  web  yang  telah  selesai  dibuat.  Hal  ini  bertujuan  untuk
menemukan  kesalahan  dan  kemudian  memperbaikinya.  Pengembang  suatu
aplikasi  berbasis  web  mendapat  tantangan  besar  untuk  melakukan  pengujian
karena  karakter  aplikasi  ini  yang  beroperasi  pada  jaringan  dengan  berbagai
macam  pengguna,  berbagai macam  sistem  operasi,  perangkat  keras,  browser,
protokol komunikasi, dll.
Ada  beberapa  pendekatan  yang  digunakan  untuk melakukan  pengujian,  yaitu  :
1. Pengujian fungsional dan operasional (fungsional and operational testing)
Bertujuan  untuk  menguji  masukan  dan  keluaran  dari  aplikasi  ini.
Hasil  keluaran  aplikasi  bergantung  dari  teknologi  yang  digunakan,  baik  itu
bahasa  pemrograman  maupun  bahasa  skrip  yang  digunakan.
Untuk menguji  code HTML dan CSS  yang digunakan dapat menggunakan alat
bantu W3C  HTML  Validation  Service  di  http://validator.w3.org/  dan W3C  CSS
Validation Service di http://jigsaw.w3.org/css-validator/
2. Pengujian navigasi (navigation testing)
Hal  ini  digunakan  untuk  melihat  kesesuaian  antara  desain  navigasi  dengan
navigasi  yang  ada  di  aplikasi.  Navigasi  berhubungan  dengan  link-link  yang
terdapat didalam aplikasi.
Untuk menguji  link  dapat  digunakan  alat  bantu W3C  Link  Checker  Service  di
http://validator.w3.org/checklink
3. Pengujian konfigurasi (configuration testing)
Pengujian  ini  dilakukan  pada  sistem  operasi,  browser,  sistem  perangkat  keras
dan  perangkat  lunak  pendukung.  Pengujian  ini  dilakukan  untuk  menentukan
batas  toleransi  kebutuhan  aplikasi  akan  perangkat  lunak  dan  perangkat  keras
pendukungnya.   Pemrograman Web Semester 1

  
4. Pengujian keamanan dan performansi (security and performance testing)
Pengujian  ini  dilakukan  untuk  melihat  tingkat  keamanan  aplikasi  dengan  cara
menguji  aspek-aspek  yang  dapat  menimbulkan  gangguan  keamanan  aplikasi
maupun  server.  Keamanan  aplikasi  sangat  bergantung  pada  teknologi
pengembangan website, konfigurasi server yang digunakan dan kelakuan sistem.
Pengujian performansi dapat dilakukan bersamaan dengan pengujian keamanan
aplikasi,  karena  keamanan  aplikasi  berbasis  web  juga  tergantung  dari
performansi server dan aplikasi tersebut.
Evaluasi oleh konsumen (customer evaluation)
Suatu kegiatan akhir dari siklus proses rekayasa web, akan menentukan apakah
web  yang  telah  selesai  dibuat  tersebut  sesuai  dengan  yang mereka  inginkan.
Apabila aplikasi berbasis web  ini belum sesuai dengan kehendak mereka, maka
proses  rekayasa web akan  terus dilakukan dan dimulai  lagi dari  tahap  formulasi
untuk versi berikutnya.
4.   Perangkat pengembangan aplikasi web
Untuk  perangkat  pengembangan  aplikasi  web  dapat  dikelompokan  menjadi
perangkat keras dan perangkat lunak. 

Perangkat Keras
Untuk  lingkungan pengembangan web yang nyaman, berikut  ini peralatan yang
sebaiknya disediakan:
  Komputer  Utama,  dengan  operating  system  Macintosh,  Windows,
ataupun  Linux.  Perusahaan  pengembangan web  profesional  cenderung
berbasis Macintosh.
  Memori  tambahan.  sebaiknya  computer  memiliki  memori  yang  besar,
karena  dalam  pengembangan  web  cenderung  kita  akan  membuka
beberapa aplikasi sekaligus.
  Sebuah  monitor  besar.  Meskipun  bukan  keharusan,  monitor  besar
memudahkan  untuk  desainer  visual.  Semakin  besar  monitor,  semakin
banyak jendela dan panel kontrol dapat terbuka pada waktu yang sama.


  Sebuah  scanner  dan  /  atau  kamera  digital.  Jika  mengantisipasi
membuat  gambar  dan  tekstur  sendiri,  akan memerlukan  beberapa  alat
untuk membuat gambar. 
  Sebuah  komputer  kedua.  Banyak  web  designer  merasa  berguna
memiliki komputer penguji yang menjalankan platform yang berbeda dari
komputer  utama  yang  mereka  gunakan  untuk  pengembangan.  Karena
browser  kerja  yang  berbeda  pada  Mac  dan  pada  mesin Windows,  itu
penting  untuk  menguji  halaman  web  dalam  sebanyak  mungkin  system
operasi berbeda.
  Perangkat mobile/smartphone. Saat  ini banyak orang mengakses web
melalui  smartphone/tablet,  sehingga  kita  perlu menguji  penampilan  dan
kinerja  situs web  yang kita buat pada mobile browser pada  smartphone
atau perangkat  tablet. Namun saat  ini banyak web emulator yang dapat
digunakan sebagai penguji web kita

Perangkat Lunak
Untuk  perangkat  lunak  pengembangan  web  dapat  dikelompokkan  menjadi
beberapa, diantaranya : 

Web page authoring
Ini  adalah  kelompok  perangkat  lunak  seperti  desktop  publishing  tetapi  format
yang dihasilkan adalah halaman web. Aplikasi  ini biasanya bersifat  “WYSIWYG”
(What You See Is What You Get, dibaca “whizzy-wig”) yaitu apa yang kamu lihat,
itulah  yang  kamu  dapatkan.  Jadi  aplikasi  ini  biasanya  ketika  membuat
tampilannya seperti yang akan dihasilkan.
Beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini :
  Adobe  Dreamweaver,  aplikasi  ini  berbayar  dan  dibawah  lisensi
perusahaan Adobe, aplikasi ini banyak digunakan oleh pengembang web.
Memiliki banyak fasilitas dan fiture.
  Microsoft Expression Web (lisensi dari Windows). Bagian dari  Microsoft’s
suite yang merupakan aplikasi perancangan professional. 
  Nvu (Linux, Windows, dan Mac OS X). Tidak ingin membayar untuk Editor
WYSIWYG?  Nvu  (diucapkan  N-view,  untuk  "pandangan  baru")  adalah   Pemrograman Web Semester 1
  
sebuah  aplikasi  open  source  (sumber  terbuka)  yang  cocok  dengan
banyak fitur dalam Adobe Dreamweaver, dan dapat diunduh secara gratis
di nvu.com.
Editor
Ini  adalah  kelompok  perangkat  lunak  yang  kebalikan  dari Adobe Dreamweaver
Microsoft Expression Web. Aplikasi  ini  tidak  lagi  “WYSIWYG”  (What You See  Is
What  You  Get”)  tetapi  lebih  ke  kode  HTML.  Beberapa  contoh  aplikasi  yang
termasuk dalam kelompok ini :
  TextPad  (Windows  saja).  TextPad  adalah  plain-text  sederhana  dan
murah untuk editor kode di Windows.
  Teks  Sublime  (Window,  Mac,  Linux).  Editor  teks  ini  terlihat  dipreteli
namun  memiliki  banyak  fungsi  (seperti  kode  warna  dan  ikhtisar  kode
penuh) bagi pengembang web.
  Coda  oleh Panic  (hanya Macintosh). Pengguna Coda seperti alur kerja
yang visual, alat-alat manajemen file, dan built-in akses terminal.
  Textmate  oleh MacroMates  (hanya Macintosh). Editor  teks  canggih  ini
memiliki alat manajemen proyek dan antarmuka yang terintegrasi dengan
sistem  operasi Mac.  Hal  ini  semakin  populer  karena  disesuaikan,  kaya
fitur, dan murah.
  BBEdit  oleh  Bare  Bones  Software  (hanya  Macintosh).  Untuk
pengembang web banyak fitur shortcut yang besar  telah membuat editor
terkemuka berbasis Mac

Aplikasi editing gambar dan menggambar 
Untuk  menambahkan  gambar  ke  halaman  web,  akan  perlu  program  editing
gambar. Berikut ini beberapa aplikasi yang cukup populer :
  Adobe Photoshop. Photoshop dapat dikatakan sebagai standar  industri
untuk penciptaan gambar baik dalam cetak maupun  dunia web.
  Adobe  Photoshop  Elements.  Versi  ini  lebih  ringan  dari  Photoshop
dirancang  untuk  mengedit  foto  dan  manajemen,  tetapi  beberapa
penggemar menemukan  bahwa  ia memiliki  semua  alat  yang  diperlukan
untuk menempatkan gambar pada halaman web.
  Adobe  Illustrator.  Karena  desainer  perlu  membuat  logo,  ikon,  dan
ilustrasi  di  berbagai  ukuran  dan  resolusi,  untuk  itu  semua  aplikasi  ini
sangat membantu. Aplikasi ini juga dapat dipadukan dengan Photoshop 

  Adobe  Fireworks.  Program  grafis  web  ini  menggabungkan  editor  foto
dengan alat untuk membuat ilustrasi berbasis vektor. Ia juga memiliki alat-
alat canggih untuk grafis web.
  Corel  Paint  Shop  Photo  Pro  (Windows  saja).  Editor  gambar  yang
penuh  fitur  ini  populer    di  pengguna Windows,  terutama  karena  harga
yang rendah.

Aplikasi Internet
Karena hasil akhir dari pengembangan halaman web digunakan di Internet, maka
diperlukan  beberapa  aplikasi  untuk  membuka  halaman  web,  biasa  disebut
“browser”.  Berikut ini beberapa aplikasi browser yang cukup populer :
  Windows: 
o  Internet Explorer
o  Chrome
o  Firefox
o  Safari
o  Opera
  Macintosh OS X:
o  Safari
o  Chrome
o  Firefox
o  Opera
  Browser perangkat bergerak (mobile)
o  Mobile Safari (iOS)
o  Android Browser (Android)
o  BlackBerry Browser (RIM)
o  Nokia Series 40 dan Nokia Browser for Symbian
o  Opera Mobile dan Mini (installed on any device)
o  Internet Explorer Mobile (Windows Phone)
o  Silk (Kindle Fire)

Aplikasi transfer file (FTP/File Transfer Protokol
  
Sebuah  aplikasi  FTP  memungkinkan  untuk  mengunggah  dan  mengunduh  file
antara komputer kita dan komputer yang akan menjadi tempat halaman web/web
server. Beberapa aplikasi authoring web sebelumnya  juga memiliki aplikasi FTP
yang  terintegrasi  langsung.  Ada  juga  aplikasi  FTP  khusus,  seperti  yang
tercantum di bawah ini: 
  Windows 
  WS_FTP
  CuteFTP
  AceFTP
  Filezilla
  Macintosh
  Transmit
  Cyberduck
  Fetch

c.  Rangkuman
Alternatif model dari Pengembangan Aplikasi Web adalah sebagai berikut  :
Formulasi,  Perencanaan  (planning),  Analisis  (analysis),  Rekayasa
(engineering),  Implementasi  (page  generation)  &  pengujian  (testing),
Evaluasi oleh konsumen (customer evaluation).
Untuk perangkat pengembangan aplikasi web dapat dikelompokan menjadi
perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat lunak terdiri dari Web page
authoring, HTML Editor, Aplikasi editing gambar dan menggambar, Aplikasi
Internet, dan Aplikasi transfer file.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER 1.     MOTHERBOARD Motherboard juga dikenal dengan nama system board adalah sebuah papan yang berisi komponen-komponen yang terintegrasi dan membentuk sistem penghubung antar bagian pada komputer. Motherboard merupakan bagian komputer yang paling utama. Didalam motherboard terdapat berbagai banyak  soket dan slot konektor. Semua bagian komputer selalu terhubung ke motherboard. Motherboard sering disebut juga dengan Mainboar d dan disingkat(Mobo). FUNGSI  MOTHERBOARD Tugas  motherboard  pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak dan seterusnya JENIS JENIS MOTHERBOARD Jenis motherboard ditentukan oleh tipe processor yang digunakan pada motherboard tese...

(PEMODELAN PERANGKAT LUNAK) MATERI PPL KELAS XI

1.  Konsep Dasar Pemodelan Perangkat Lunak      1. Apa itu perangkat lunak? Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi menghubungkan antara pengguna dan komputer yang digunakan.  dapat dibilang perangkat lunak merupakan sebagai media penerjemah perintah yang diberikan oleh pengguna kepada komputer untuk selanjutnya diproses melalui perangkat keras komputer tersebut.Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras yang biasa disebut sebagai device driver, melakukan proses penghitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya, seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman. Secara umum ada tiga jenis perangkat lunak yang diketahui hingga saat ini yaitu sistem operasi yang merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Kedua yaitu perangkat lunak bahasa pemrograman seperti java. Dan yang ketiga yaitu perangkat lunak aplikasi yang merupakan penrangkat yan...

INTERKONEKSI ANTAR KOMPUTER

Interkoneksi antarkomponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan tiga komponen (pemrosesan, memori utama dan perangkat masukan/keluaran). Disini saya akan sedikit membahas tentang tiga komponen yang saling terhubung tersebut.   1. Pemrosesan         Pemrosesan data (Inggris: data  processing ) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan men...