Langsung ke konten utama

(PERAKITAN KOMPUTER) MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X




3.1 SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
 Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasantentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London.Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsisecara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan. Charles Babbagemeninggal 18 Oktober 1871.
  Sejarah Perkembangan Komputer secara umum terbagi menjadi 2 bagian :
  - žSebelum tahun 1940
      Sejarah komputer dimulai pada saat manusia melakukan proses perhitungan dalam kehidupan. Pada tahun 1617,John Napiermengemukakan logaritma, dan alat tersebut diberi nama tulang Napier.   Tulang Napier dapat digunakan untuk melakukan berbagaimacam perhitungan berbasis angka.Dan setelah itu pada tahun 1642 Bliase Pascal menciptakan mesin hitung mekanikal pertama yangdapat beroperasi dengan cara menggerakan gear pada roda yang kemudian dikembangkan oleh William Leibnitz.   Pada tahun 1816 Charles Babbage membangun sebuah mesin lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan matematika sepertilogaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dengan dua puluh digit.Mesin itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas kartusebagai input, untuk menyimpan data, melakukan perhitungan secara otomatis dan mengeluarkan outpun dalam bentuk cetakanpada kertas.   Fasilitas kartu tersebut pertama kali digunakan sebagai sebuah alat input dalam pengembangan industri tekstil padamesin tenun otomatis yang diciptakan oleh Joseph Jecquard pada tahun 1801.

  - žSesudah tahun 1940


žENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)
     Pada Tahun  1946 Dr John Mauchly dan Presper Eckert menciptakan computer dengan nama ENIAC, ENIAC terdiri dari 70.000 resistor, 5juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara, computer tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan mengkonsumsi dayasebesar 160.000 Watt, pada jamannya computer ENIAC merupakan computer serbaguna atau general purpose computer yang dapatbekerja 1000x lebih cepat dibandingkan dengan computer Mark I.
EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
    Memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. aaaPada tahun 1945 Von Neumannmendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori yang dapat digunakan untuk menampungbaik itu program ataupun data. Penggunaan tabung-tabung vakumpun telah dikurangi di dalam EDVAC, dan untuk proses perhitungandapat dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.
  • Berikut pembagian Generasi komputer menurut masa terciptanya
a. Generasi Pertama (1940–1959)

Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya. Komputer generasi pertama menggunakantabung vakum (vacuum tube) untuk memroses dan menyimpan data. Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputerutama (main frame). Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC .
b. Generasi Kedua (1959–1964)
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar.Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik.Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959).
c. Generasi Ketiga (1964–1980)
—Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam
satu tempat. Tampilan dari komputer juga disempurnakan.Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpanan memorinya lebih besardan diletakkan di luar. mulai menggunakan komponen IC (Integrated Circuit). Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, IBM PC, dan NEC PC.
d. Generasi Keempat (1980–sekarang) 
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data.Komputer generasi ini lebih majukarena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalamwaktu yang singkat. teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Bahasa pemrograman BASIC dan Pascal mulai digunakan pada komputer generasikeempat dan telah terhubung dengan jaringan internet. 
e. Generasi Kelima   
Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena komputer generasi ini merupakan komputer impian masa depan. diperkirakanmempunyai lebih banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktuyang bersamaan. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiriyang disebut kecerdasan buatan / artificial intelligence. 
3.2 Komponen Perangkat Input dan Output
1. Unit Masukan ( Input Device ) 


—Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah gunamenghasilkan informasi yang diperlukan. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu
1.Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. 
2.Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.  

    Macam-macam peralatan input : 


1. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang paling umum digunakan pada komputer, dimana dengan menggunakan keyboard kita bisa memasukan huruf, angka, karakter khusus, atau perintah - perintah yang kita inginkan. Bentuk dari keyboard itu sendiri bermacam - macam ada yang QWERTY (seperti gambar di bawah), DVORAK, KLOCKENBERG, dan semacamnya, tapi yang paling umum digunakan itu keyboard QWERTY.

2. Mouse

Mouse ini tidak kalah penting dengan keyboard, dengan menggunakan mouse kita dapat memindahkan dan menggunakan kursor sesuai dengan keinginan kita. Mouse ini sudah ada yang menggunakan wireless dan kabel, seiring perkembangan zaman bentuk mouse berbeda - beda sesuai dengan kebutuhan. 

3. Touchpad

Touchpad ini fungsinya sama seperti mouse, tetapi touchpad ini biasanya ditemukan pada laptop atau notebook. Untuk menggerakan kursor, kita bisa melakukannya dengan cara menyentuhkan jari kita ke bagian touchpad. 

4. Microphone dan Headphone

Microphone ini dapat merekam suara atau mengambil suara dan nanti nya akan disimpan di memori komputer, selain itu kita bisa mengobrol dengan orang lain menggunakan microphone ini. Dimana suara kita akan terdengar pada lawan bicara kita. 

5. Webcam

Webcam ini dapat mengabadikan aktifitas yang sedang kita lakukan di depan komputer, biasanya orang menggunakan webcam untuk chatting secara bertatap muka. 

6. Scanner

Scanner merupakan alat yang dapat memindai kertas berupa text atau gambar, hasilnya akan tampil di layar monitor, hasil tersebut bisa kita edit ataupun bisa kita cetak kembali. 

7. Barcode Scanner

Barcode dapat menterjemahkan kode yang berbentuk kotak - kotak atau garis - garis tebal secara vertikal, setelah diterjemahkan hasilnya akan berbentuk angka yang muncul pada layar monitor. 

8. Kamera Digital

Kamera ini dapat mengabadikan momen sehari - hari, bisa berbentuk foto atau pun video. untuk kualitas fotonya tergantu pixel yang ada pada kamera tersebut, semangkin tinggil pixel yang didapat semakin bagus kualiats foto yang ada. Gambar disimpan memlalui memori kamera, yang nantinya dapat dipindahkan / ditampilkan pada layar monitor. 

9. Light pen

Light pen merupakan pointer elektronik yang dapat bersentuhan secara langsung dengan layar monitor. 

10. Joystick

Joystick digunakan hanya untuk pelengkap saat bermain games, dengan menggunakan ini kita lebih gampang untuk memainkannya. 

Output

Output adalah hasil pemrosesan dari pengolahan data yang nantinya berbentuk informasi. Macam - macam Perangkat Output antara lain, seperti berikut: 

1. Monitor

Monitor dapat menampilkan hasil yang berbentuk teks, gambar dan video atau Monitor dapat menampilkan segala aktifitas yang ada pada komputer. 

2. Printer

Printer merupakan alat yang cetak yang dapat mencetak teks atau gambar yang nantinya hasil dari teks atau gambar tersebut akan berada di kertas. Ukuran kertas pada printer ini terbatas. 

3. Proyektor

Proyektor ini fungsinya seperti monitor yaitu untuk menampilkan hasil yang telah diproses. Dengan menampilkan sebuah bayangan dari objek tersebut, infocus ini membutuhkan media lagi (dinding) agar gambar tersebut muncul. 

4. Speaker

Speaker merupakan alat out yang dapat memberi hasil informasi berupa suara. 

5. Plotter

Plotter ini fungsinya untuk mencetak gambar dalam skala besar, plotter ini sangat cocok untuk mencetakgambar dengan resolusi tinggi dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan.


  3.3 Perangkat Proses dan Media Penyimpan  
 A.Media Proses Komputer 
      Proses merupakan Ontruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi artimatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processor Unit / Unit Pengolah Pusat).
Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain.

1. Motherboard




Motherboard merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah komputer. Motherboard berfungsi sebagai tempat memasang berbagai perangkat komputer seperti RAM, Prosesor, VGA Card, LAN Card dan perangkat lainnya. Motherboard itu sendiri didukung oleh beberapa chipset yang fungsinya untuk mendukung kinerja komputer.

2.CPU atau Prosesor

Komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya CPU, CPU sering disebut sebagai otak komputer. Pada Motherboard, CPU memiliki sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yang dinamakan mikroprosesor. CPU juga memiliki dua komponen dasar, yaitu unit kontrol dan Arithmetic/Logical Unit (ALU).

Unit kontrol menginstruksikan sistem komputer sistem komputer bagaimana cara mengikuti instruksi sebuah program. Hal tersebut akan menghubungkan langsung data dari dan ke memori prosesor. Unit kontrol menyimpan data sementara, instruksi dan memproses sebuah informasi dengan menggunakan unit arihmetic/logic. Sebagai tambahan, unit juga mengontrol sinyal antara CPU dan piranti eksternal seperti harddisk, memori utama dan port I/O.

Arithmetic/Logic Unit (disingkat ALU) akan menjalankan kedua operasi arithmetic dan operasi logic. Pengertian operasi arithmetic adalah operasi dasar matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Contoh operasi logis seperti AND, OR dan XOR digunakan untuk membuat perbandingan dan mengambil keputusan. Operasi logis akan menentukan bagaimana sebuah program akan dieksekusi.
Prosesor akan menangani sebagian besar operasi yang dijalankan oleh komputer dengan memproses instruksi/perintah, mengirimkan sinyal keluar, mengecek hubungan (connectivity) dan memastikan bahwa operasi dan hardware (perangkat keras) berfungsi sebagaimana mestinya. Prosesor akan bertindak sebagai pengirim pesan pada komponen-komponen seperti RAM, monitor dan disk drive.
Mikroprosesor dihubungkan ke dalam sistem komputer melalui tiga bus. Bus-bus tersebut adalah bus data, bus alamat, dan bus kontrol.
Terdapat perusahaan berbeda yang memproduksi CPU. Mereka termasuk Intel, Advanced Micro Devices (AMD) dan Cyrix. Intel dikenal dengan chip CPU nya berbasis silikon yang merupakan chip modern pada tahun 1971.


3. Power Supply




Fungsi dari Power Supply adalah untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplay tegangan ke perangkat keras komputer (hardware) seperti : Motherboard, Harddisk, Floppy Disk dan CD-ROM. Power Supply memiliki 2 jenis yaitu : Power Supply AT dan Power Supply ATX.

4. Memori (RAM)




Memori atau RAM adalah perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang hanya bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang tadi disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada sebuah komputer.

5. Harddisk




Harddisk merupakan media penyimpanan data pada komputer yang bersifat permanen. Kegunaan dari harddisk adalah untuk menyimpan data dan program dengan skala besar.

6. VGA




VGA adalah komponen yang berhubungan dengan peralatan pemrosesan grafis, sehingga semakin bagus sebuah VGA maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan sebuah komputer.

7. Sound Card




Sound Card berfungsi sebagai memproses data berupa suara. Dengan Sound Card kita bisa memasukkan data berupa suara atau mengeluarkan output berupa suara.

Komponen Pendingin Komputer


     Sistem pendingin komputer terkadang tidak terlalu diperhatikan karena pada biasanya orang lebih memperhatikan kualitas prosesor, VGA, RAM, Harddisk dan lain-lain. Padahal pendingin pada komputer yang terpasang di casing atau perangkat komputer merupakan komponen yang penting karena berguna untuk mengatur suhu dan juga mencegah overheat pada perangkat komputer. Dengan dinginnya suhu di perangkat komputer maka perangkat tersebut akan bertahan lebih lama.
Berikut penjelasan dari masing-masing 5 jenis sistem pendingin komputer :

1. Kipas (Fan)




Kipas (Fan) merupakan sistem pendingin komputer yang paling umum digunakan, biasanya terpasang di casing, prosesor atau VGA. Kegunaannya juga tergantung arah angin yang dihasilkan oleh kipas, ada yang untuk sirkulasi udara, ada yang mengarahkan udara ke prosesor atau VGA agar tidak terlalu panas. Bentuk, harga dan ukuran dari kipas juga bermacam-macam tergantung merk dan fungsinya. Kamu bisa menggunakan SpeedFan untuk mengetahui kinerja Fan kamu dan berapa suhu yang dihasilkan.

2. HeatSink




HeatSink adalah logam yang didesain khusus yang terbuat dari tembaga atau alumunium berfungsi menyerap panas dan mendinginkan perangkat komputer serta biasanya tergabung dengan kipas, sehingga alurnya adalah kipas mengalirkan udara ke heatsink, dan heatsink membuat udara tersebut lebih dingin ketika mengenai perangkat komputer.

3. Liquid Cooler




Liquid Cooler membuat perangkat komputer yang terintegrasi menjadi 10% lebih dingin sehingga produksi panas bisa diatasi.Kelebihan dari liquid cooler adalah tidak berisik dan bahkan hampir tanpa suara.

4. Dry Ice Cooler dan Nitrogen Cair




Sistem penggunannya adalah perangkat komputer akan bersentuhan langsung dengan tabung tembaga yang nantinya akan diisikan dry ice atau es kering atau diisi dengan nitrogen cair. Biasanya digunakan untuk over clock sehingga bisa menghasilkan suhu yang sangat dingin. Efek dari over clock adalah panas berlebihan pada perangkat komputer karena dipaksa untuk menghasilkan kemampuan maksimalnya. Untuk menghindari pengembunan dari hasil pendinginan maka seluruh komponen akan dilapisi pasta dan pada sekeliling tabung diberi isolator panas.

5. TEC (Thermoelectric Cooler)





Pendingin ini bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga akan tercipta sisi yang dingin dan yang panas. Pada sistem pendingin ini bisa membuat sebuah pendingin hingga melewati batas titik beku cair.
Perangkat media penyimpanan internal dan external
a. Media Penyimpanyan Internal
1.ROM (Read Only Memory) 
ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca saja dan tidak dapat dirubah dan dihapus karena sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer.Rom berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti program BIOS dan program booting.


2.RAM (Random Access Memory) 
RAM adalah memori yang dapat diakses secara random (acak).RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on / sedang hidup).


   3.Cache Memory 
Cache memory adalah memory  berukuran kecil yang berkecepatan tinggi dan berfungsi untuk menyimpan sementara intsruksi dan data (informasi) yang diperlukan processor.Boleh dikatakan bahwa cache memory ini adalah memory internal processor.Pada saat ini, Cache memory ada tiga jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.

b.Media Penyimpanyan External
    1.Hard disk 

Hard disk merupakan media penyimpan data luar (External Storage) yang berfungsi meyimpan data external atau program dalam kapasitas yang besar. kapasitas penyimpanan harddisk mencapai 1 TB/sekitar 1.000 MB.
2.Floppy Disk (Disket) 

Disket merupakan media penyimpanan eksternal dengan kapasitas kecil, yaitu sekitar  1,44 MB.Untuk menggunakan media ini diperlukan flopy disk drive.Seiring perkembangan teknologi, beragam media penyimpanan data bermunculan dengan menawarkan kapasitas lebih besar dan kemudahan penggunaan, dengan demikian Disket perlahan mulai punah.
  3.FlashDisk 

Flashdisk merupakan media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, Flashdisk  dihubungan pada komputer melalui  USB (Universal Serial Bus).  Dibanding  disket/CD Flash disk akses datanya relatif lebih cepat   hampir sama dengan hardisk. Saat ini harganya masih relatif mahal tergantung kapasitas dan mereknya. Kapasitasnya bervariasi mulai dari  64 MB, 128 MB, 512 MB dts.

   4.Harddisk Eksternal 

Harddisk eksternal merupakan perangkat penyimpanan yang mana fungsi dan kapasitasnya hamper sama dengan harddisk internal.Kapasitas simpan harddisk eksternal sangat bervariasi,mulai dari 40 GB samapi 50 GB.Namunkini juga sudah muncul harddisk eksternal yang daya tampungnya mencapi 1,5 TB atau sama dengan 1500 GB.


5.Blu-Ray
Blue-Ray merupakan media penyimpanan data yang dikelurakan oleh perusahaan  Sony. Satu keping Blue-Ray disc single layer bisa menampung 25 GB.Sementara untuk dual layer bisa menampung 50 GB.
sumber: http://posttik.blogspot.co.id/2015/06/perangkat-komputer-pada-kesempatan-kali.htmlhttp://ebookservicekomputer.blogspot.co.id/2013/06/hard-disk.htmlhttp://kiplihofd.blogspot.co.id/2015/06/perangkat-proses-dan-media-penyimpanan.html 
 Tata Letak Komponen Komputer

1. Pengenalan Motherboard

Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).
Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.

2. Tata Letak Komponen Pada Motherboard

PCI Slot – papan ini memiliki 2 slot PCI. Ini dapat digunakan untuk komponen seperti Ethernet card, kartu suara, dan modem.
  
PCI-E 16x Slot – Ada 2 dari mereka di diagram motherboard, keduanya biru. Ini digunakan untuk kartu grafis . Dengan dua dari mereka onboard, Anda dapat menjalankan 2 kartu grafis di SLI. Anda hanya akan perlu ini jika Anda adalah seorang gamer, atau bekerja dengan video high end / mengedit grafis. Ini adalah kecepatan 16x versi, yang saat ini tercepat.

PCI-E 1x Slot – slot Single – Dalam generasi PCIe 1.x, masing-masing jalur (1x) membawa 250 MB / s dibandingkan dengan 133 MB / s untuk slot PCI. Ini dapat digunakan untuk kartu ekspansi seperti kartu suara, atau Kartu Ethernet.

  1. Northbridge – Ini adalah Northbridge untuk motherboard ini. Hal ini memungkinkan komunikasi antara CPU dan memori sistem dan PCI-E slot.

ATX 12V 2X dan 4 Pin Power Connection Power Connection – Ini adalah salah satu dari dua sambungan listrik yang memasok listrik ke motherboard . Koneksi ini akan datang dari Power Supply Anda.

CPU-Fan Koneksi – Ini adalah di mana kipas CPU Anda akan terhubung. Menggunakan hubungan ini lebih dari satu dari catu daya Anda akan memungkinkan motherboard untuk mengontrol kecepatan kipas Anda, didasarkan pada temperatur CPU.

Socket – Ini adalah di mana CPU anda akan plug in Braket oranye yang sekitarnya digunakan untuk heat sink high end. Ini membantu untuk mendukung berat heat sink.

Slot memori – Ini adalah slot untuk RAM . Kebanyakan forum akan memiliki 4 slot, tetapi beberapa hanya akan memiliki 2. Warna coding Anda lihat pada diagram motherboard digunakan untuk mencocokkan RAM untuk Dual-Channel. Menggunakan mereka dengan cara ini akan memberikan Anda dorongan memori kecepatan.

ATX Power Konektor – Ini adalah kedua dari dua koneksi kekuasaan. Ini adalah sambungan listrik utama untuk motherboard, dan berasal dari Power Supply.

Koneksi IDE – IDE (Integrated Drive Electronics) adalah koneksi untuk hard drive atau CD / DVD drive. Kebanyakan drive hari ini datang dengan koneksi SATA, sehingga Anda mungkin tidak menggunakan ini.

Southbridge – Ini adalah kontroler untuk komponen seperti PCI slot, audio onboard, dan koneksi USB.

Koneksi SATA – Ini adalah 4 dari 6 koneksi SATA pada motherboard. Ini akan digunakan untuk hard drive , dan CD / DVD drive.

Depan Koneksi Panel – ini adalah di mana Anda akan hook dalam koneksi dari kasus Anda. Ini adalah sebagian besar lampu yang berbeda pada kasus Anda, seperti daya, aktivitas hard drive dll

Koneksi FDD – The FDD adalah Floppy Disk controller. Jika Anda memiliki drive floppy disk di komputer Anda, ini adalah di mana Anda akan hook it up.

Eksternal USB Koneksi – Ini adalah di mana Anda akan memasang koneksi USB eksternal untuk kasus Anda atau braket USB.

Baterai CMOS – Ini adalah baterai motherboard. Ini digunakan untuk memungkinkan CMOS untuk menyimpan pengaturan tersebut. 3. Konfigurasi Motherboard

Konfigurasi motherboard berakitan dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai dengan keinginan kita. Penentuan komponen dimualai dari jenis processor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis processor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda

4. Jumper Pada Motherboard

Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer.
Fungsi Jumper ini dalam komputer digunakan untuk menyetting perlengkapan komputer sesuai dengan keperluan. Beruntunglah kita yang pada saat ini penyettingan lewat Jumper sudah mulai berkurang penggunaannya. Sebab, semua fungsi setting saat ini sudah menggunakan outo settingsehingga memudahkan pengguna atau perakit komputer untuk tidak banyak menggunakanJumper.
Jumper pada komputer biasanya digunakan pada Motherboard, Harddisk dan Optical Disk, dan pada beberapa VGA Card tertentu. Tetapi karena penggunaannya lebih banyak pada Motherboard dan Harddisk serta Optical Disk, maka kita hanya akan membahas ketiga hal itu.

Jumper Clear CMOS

Jumper CMOS biasanya terletak di dekat Baterai CMOS. Biasanya terdapat 3 kaki (pin) pada jumper ini. Fungsinya adalah untuk menyimpan dan me-reset CMOS (sebuah IC program pada Motherboard) pada posisi default (Setting Awal/Pabrik).
Biasanya pada pin ke 1 dan 2 bila dihubungkan dengan sebuah Jumper maka CMOS pada posisi normal akan menyimpan setiap settingan yang kita ubah pada CMOS/BIOS. Dan bilaJumper kita ubah pada posisi 2 dan 3, maka komputer akan kembali pada posisi default.
Lalu untuk apa posisi default? Tentu saja, bila kita melakukan setting yang salah terhadap CMOS/BIOS maka bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan komputer tidak bisa hidup, maka dengan melakukan Clear CMOS komputer akan kembali ke posisi awal sebelum kita melakukan perubahan pada CMOS/BIOS.
Begitu pula Jumper Clear CMOS ini bisa digunakan bila komputer tidak bisa hidup akibat kita lakukan perubahan pada hardware, misalnya processor, tetapi karena CMOS/BIOS anda telah menyimpan setting pada komputer yang lama dan tidak mampu membaca processor yang baru saja anda gantikan maka Jumper ini bisa anda gunakan.
Jumper ini juga digunakan bila anda lupa pada password yang anda buat di BIOS. Dengan melakukan Clear CMOS, maka password yang anda buat akan hilang dengan sendirinya.

Jumper Bus Clock/Bus Speed

Jumper ini berfungsi untuk menyeting Bus Clock pada processor. Pada saat ini, hampir bisa dibilang jumper ini jarang digunakan. Fungsi setting yang tadinya diatur oleh jumper sekarang sudah dibuat outo atau bisa disetting lewat BIOS.
Pada gambar disamping ini adalah salah satu contoh dari komputer Pentium I, yang terdiri dari Bus 50, 55, 60, 66 dan 75. Bus ini terdapat pada processor. Disetiap Bus yang kita pilih, ada petunjuk mengenai penggunaan jumpernya.

Jumper Bus Ratio

Seperti halnya jumper Bus Clock/FSB, jumper ini pun bisa dibilang sudah tidak dipergunakan kembali. Jumper ini adalah ratio perkalian dari processor. Misalnya processor Pentium I 133 MHz dengan Bus/FSB 66, maka Rationya adalah 2x. Maka kita melakukan setting sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada keterangan baik di Motherboard maupun buku manual.

Jumper VGA

Jumper ini biasanya terdapat pada Motherboard yang menyediakan VGA onboard beserta Slot VGA sebagai tambahan. Jumper, biasanya terdiri dari 3 kaki/pin yang digunakan untuk memilih apakah yang digunakan VGA onboard nya atau Slot VGA. Sama sepert jumper bus clock, jumper ini sudah jarang dipergunakan dan diganti dengan outo setting, sehingga tanpa melakukan setting apapun, VGA akan memilih sendiri yang mana yang dipergunakan.

Jumper Audio

Jumper Sound, adalah jumper yang dipergunakan untuk mengaktifkan suara. Jumper ini biasanya terdiri dari 10 pin berjejer dengan pin nomor 8 kosong. Bila anda mengaktifkan Audio di depan Casing, maka otomatis, soket Audio di casing telah mengaktifkan jumper Audio ini. Tapi bila tidak, persiapkanlah sebuah jumperuntuk menghubungkan pin nomor 5 dan 6, juga pin nomor 9 dan 10, sebab bila tidak suara tidak akan keluar sekalipun driver telah masuk. Dan kejadian ini sering terjadi dimana Audio tidak bisa terdengar dan orang yang tidak mengerti akan kebingungan dan mengira Soundonboard dari Motherboard anda mati.

Jumper USB Power

Jumper ini ada di hampir semua Motherboard yang memiliki USB Socket. Jumper ini terdiri dari 3 kaki/pin. Bila tidak dipasang, maka USB anda tidak akan berfungsi. Bila di pasang pada salah satu kaki, misalnya pin 1 dengan pin 2 atau pin 2 dengan pin 3, maka akan punya pengaruh yang berbeda. Yang satu tidak akan bisa mengaktifkan USB di DOS.

Jumper Memory/RAM

Jumper ini biasanya terdapat pada Motherboard yang memiliki fasilitas 2 jenis Slot memory, misalnya Motherboard yang memiliki slot memory SDRAM dan DDR1, atau DDR1 dengan DDR2, maka untuk memilih salah satu slot diperlukan setting jumper memory.

3.5 Casing Komputer

Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.

5 Fungsi Casing Komputer  :

1. Melindungi berbagai komponen2 di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.

2. Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.

3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.

casing komputer cbm azza


4. Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik
5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.
Bayangkan apabila seluruh perabotan tersebut tidak ada casingnya sangat berantakan dan berbahaya sekali, seperti orang tanpa rumah…..
Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:

Casing Desktop
  Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm.Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.


1. Casing CBM 628-02

2. Casing Tower

Casing komputer terkini di tahun 2012 menggunakan casing tower, ia mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari:

A. Mini tower
Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama.Perbedaan di antara kedua-dua  jenis tersebut adalah dari segi ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya lebih kecil dibanding casing komputer midlle tower
contoh casing komputer ini seperti :

1. Seri casing cbm 727-06


Casing CBM 727-06 (450w) 

2. seri casing cbm 727-15
Casing CBM 727-15

B. Middle tower
Casing mid tower adalah jenis casing komputer yg paling banyak dipakai di pasar rakitan indonesia.dipasaran casing ini  juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo,lampu hard disk dan kabel-kabel lampu, tapi untuk fan mungkin optional, tergantung jenis segment casing komputer yang dipilih.

1. Casing CBM 323-20


Casing CBM 323-20 Red(450w) 

2. Casing CBM 323-25

Casing CBM 323-25 (450w) 


3. Casing CBM 321-06

Casing CBM 321-06 (450w) 



C. Casing Mini Itx
Inilah casing yg booming di thn 2012 nanti, jenis casing mini-itx  ini akan banyak ditemui di kantor-kantor dan POS ( point of Sales).  POS adalah tempat seperti di loket loket pembayaran atau loket parkir serta seperti  untuk showroom seperti pameran  dan lain lainya yg mengumakan space yg terbatas dan  keindahan product.
Contoh contoh casing mini itx

Casing cbm 617-03 dengan PSU ukuran menengah 

Casing CBM 617-03
Casing CBM 617-03(450w) 

2. Casing CBM 920-03 dengan PSU ukuran kecil
Casing CBM 920-03
Casing CBM 920-03 Mini-Itx 

3. Casing CBM 820-02 dengan adaptor

Casing CBM 820-02 Mini-ITX (Adaptor) 

D. Casing komputer seri Gaming
Pengunaan casing komputer ini dikhususkan untuk Memodifikasi perangkat komputer dalam cara non-standar. Modifikasi dilakukan, terutama oleh penggemar berat hardware, untuk memamerkan piranti dalam komputer dengan memamerkan perangkat keras internal, dan juga untuk membuatnya terlihat estetis menyenangkan untuk pemiliknya. dan  juga dapat dimodifikasi untuk meningkatkan kinerja komputer, ini biasanya berhubungan dengan pendinginan dan melibatkan perubahan pada komponen agar semua komponen dapat bekerja maxsimal biasanya mengunakan kipas yg besar dan berwarna. Casing komputer ini biasanya sudah mengunakan air flow yg bagus, penampilan futuristik atau gaming sekali seperti seri Casing CBM Azza Toledo 301, Toolest ( tidak mengunakan Obeng untuk merakitnya,serta memiliki pengaturan kable  yang baik dan rapih.

1. casing Mid tower

Casing azza Toledo
Casing CBM Azza Toledo 

2. Casing full tower
casing_azza_solanoBlue
Casing CBM Azza Solano blue



source : http://rianpride.blogspot.com/2018/07/perakitan-komputer-materi-perakitan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(PEMODELAN PERANGKAT LUNAK) MATERI PPL KELAS XI

1.  Konsep Dasar Pemodelan Perangkat Lunak      1. Apa itu perangkat lunak? Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi menghubungkan antara pengguna dan komputer yang digunakan.  dapat dibilang perangkat lunak merupakan sebagai media penerjemah perintah yang diberikan oleh pengguna kepada komputer untuk selanjutnya diproses melalui perangkat keras komputer tersebut.Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras yang biasa disebut sebagai device driver, melakukan proses penghitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya, seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman. Secara umum ada tiga jenis perangkat lunak yang diketahui hingga saat ini yaitu sistem operasi yang merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Kedua yaitu perangkat lunak bahasa pemrograman seperti java. Dan yang ketiga yaitu perangkat lunak aplikasi yang merupakan penrangkat yang digunakan untuk memban

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER 1.     MOTHERBOARD Motherboard juga dikenal dengan nama system board adalah sebuah papan yang berisi komponen-komponen yang terintegrasi dan membentuk sistem penghubung antar bagian pada komputer. Motherboard merupakan bagian komputer yang paling utama. Didalam motherboard terdapat berbagai banyak  soket dan slot konektor. Semua bagian komputer selalu terhubung ke motherboard. Motherboard sering disebut juga dengan Mainboar d dan disingkat(Mobo). FUNGSI  MOTHERBOARD Tugas  motherboard  pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak dan seterusnya JENIS JENIS MOTHERBOARD Jenis motherboard ditentukan oleh tipe processor yang digunakan pada motherboard tesebut. Terdapat dua model Motherboa

INTERKONEKSI ANTAR KOMPUTER

Interkoneksi antarkomponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan tiga komponen (pemrosesan, memori utama dan perangkat masukan/keluaran). Disini saya akan sedikit membahas tentang tiga komponen yang saling terhubung tersebut.   1. Pemrosesan         Pemrosesan data (Inggris: data  processing ) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran. 2. Memori Utama         Memori utama