Langsung ke konten utama

(PEMROGRAMAN DESKTOP) MATERI PEMROGRAMAN DESKTOP KELAS XI

1. PENGENALAN PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS DESKTOP

A. Pengertian aplikasi dekstop

     Aplikasi dekstop adalah aplikasi yang di kembangkan untuk dijalankan dimasing - masing client (komputer pengakses aplikasi pengolahan data base diletakkan di server sedangkan aplikasi instal dimasing - masing client.

     Bahasa pemrograman yang digunakan untuk aplikasi tipe ini biasanya adalah :

 1. Borlan delphi
     Borlan Delphi adalah bahasa pemograman yang mempunyai kemampuan yang sangat luas.


 2. Visual basic
      Visual basic adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk membuat dan mengembangkan suatu aplikasi.





 
2. ALUR PENGKODEAN PROGRAM 
 
1. Alur Pembuatan Program

2. Langkah – langkah sistematis dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman : 
1. Mendefiniskan masalah 
2. Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah 
3. Desain Algoritma dan Representasi 
4. Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi 

3. Definisi Permasalahan Seorang programmer umumnya mendapatkan tugas berdasarkan sebuah permasalahan. Sebelum sebuah program dapat terdesain dengan baik untuk menyelesaikan beberapa permasalahan, masalah – masalah yang terjadi harus dapat diketahui dan terdefinisi dengan baik untuk mendapatkan detail persyaratan input dan output. Sebuah pendefinisan yang jelas adalah sebagian dari penyelesaian masalah. Pemrograman komputer mempersyaratkan untuk mendefiniskan program terlebih dahulu sebelum membuat suatu penyelesaian masalah. Contoh permasalahan : ”Buatlah sebuah program yang akan menampilkan berapa kali sebuah nama tampil pada sebuah daftar” 

4. Analisa Permasalahan Setelah sebuah permasalahan terdefinisi secara memadai, langkah paling ringkas dan efisien dalam penyelesaian harus dirumuskan. Umumnya, langkah berikutnya meliputi memecahkan masalah tersebut menjadi beberapa bagian kecil dan ringkas. Contoh masalah : Menampilkan jumlah kemunculan sebuah nama pada daftar Input Terhadap Program : Daftar Nama, Nama yang akan dicari Output Dari Program : Jumlah kemunculan nama yang dicari 

5. Langkah-langkah pengerjaan didalam praktikum kimia: 
1.siapkan tgabung reaksi ukuran 100cc 
2.Teteskan 50cc larutan H2So4 kedalam tabung 
3.Campurkan 20cc larutan NaOH kedalamnya,aduk hingga tercampur merata. 
 
 Langkah-langkah pengisian pulsa kartu prabayar: 
1.tekan #888 lalu tombol ok() 
2.Tekan “2” untuk mulai memasukkan pulsa. 
3.Masukkan 14 digit kartu prabayar. 
 4.Akhiri dengan menekan tombol #. 
 
Algoritma sederhana membuat posting dalam blogspot (dengan asumsi telah memiliki akun blogspot sebelumnya) : 
1.Mulai. 
2.Nyalakan komputer anda dengan menekan tombol power. 
3.Jalankan salah satu browser dengan meng-klik iconnya sebanyak dua kali. 
4.Ketikkan www.blogspot.com pada adress-bar browser anda. 
5.Login dengan email dan password yang telah Anda miliki sebelumnya. 
6.Klik pada tabulasi “posting” 
7.Klik pada sub tabulasi “Entri baru” 
8.Ketikkan judul posting pada kolom “Judul’ 
9.Ketikkan isi posting pada kolom teks yang tersedia. 
10.Klik “Terbitkan Entri”. 11.Selesai. http://kawanbsi13.wordpress.com/2010/11/03/logika-dan-algoritma-2/ 

6. Langkah-langkah pengerjaan didalam praktikum kimia: 
1.siapkan tgabung reaksi ukuran 100cc 
2.Teteskan 50cc larutan H2So4 kedalam tabung 
3.Campurkan 20cc larutan NaOH kedalamnya,aduk hingga tercampur merata. Langkah-langkah pengisian pulsa kartu prabayar: 1.tekan #888 lalu tombol ok() 2.Tekan “2” untuk mulai memasukkan pulsa. 3.Masukkan 14 digit kartu prabayar. 
4.Akhiri dengan menekan tombol #. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(PEMODELAN PERANGKAT LUNAK) MATERI PPL KELAS XI

1.  Konsep Dasar Pemodelan Perangkat Lunak      1. Apa itu perangkat lunak? Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi menghubungkan antara pengguna dan komputer yang digunakan.  dapat dibilang perangkat lunak merupakan sebagai media penerjemah perintah yang diberikan oleh pengguna kepada komputer untuk selanjutnya diproses melalui perangkat keras komputer tersebut.Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras yang biasa disebut sebagai device driver, melakukan proses penghitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya, seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman. Secara umum ada tiga jenis perangkat lunak yang diketahui hingga saat ini yaitu sistem operasi yang merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Kedua yaitu perangkat lunak bahasa pemrograman seperti java. Dan yang ketiga yaitu perangkat lunak aplikasi yang merupakan penrangkat yang digunakan untuk memban

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER 1.     MOTHERBOARD Motherboard juga dikenal dengan nama system board adalah sebuah papan yang berisi komponen-komponen yang terintegrasi dan membentuk sistem penghubung antar bagian pada komputer. Motherboard merupakan bagian komputer yang paling utama. Didalam motherboard terdapat berbagai banyak  soket dan slot konektor. Semua bagian komputer selalu terhubung ke motherboard. Motherboard sering disebut juga dengan Mainboar d dan disingkat(Mobo). FUNGSI  MOTHERBOARD Tugas  motherboard  pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak dan seterusnya JENIS JENIS MOTHERBOARD Jenis motherboard ditentukan oleh tipe processor yang digunakan pada motherboard tesebut. Terdapat dua model Motherboa

INTERKONEKSI ANTAR KOMPUTER

Interkoneksi antarkomponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan tiga komponen (pemrosesan, memori utama dan perangkat masukan/keluaran). Disini saya akan sedikit membahas tentang tiga komponen yang saling terhubung tersebut.   1. Pemrosesan         Pemrosesan data (Inggris: data  processing ) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran. 2. Memori Utama         Memori utama