Langsung ke konten utama

PENGOLAHAN INPUT USER


WEB PROGRAMMING (PENGOLAHAN DATA DARI FORM)

 

Web menerima input dari user atau pengunjung menggunakan metode GET dan POST. GET akan mengirimkan data bersama dengan URL, sedangkan POST mengirimkannya secara terpisah.
User mengirimkan data input dengan mengisi teks atau pilihan pada attribut form html. Apa saja yang merupakan komponen form html diantaranya :

Form
<form action="action" base="">
form tags </form>
<form method="method">
form tags </form>
<form enctype="media" type="">
form tags </form>
<form action="action" base="" target="target window name">
form tags </form>
<form script="URL">
form tags </form>

Tampilan program

form tags
form tags
form tags
form tags
form tags
Note : target window name diisikan berupa:
_blank
_self
_parent
_top

Form Input Check Box
<input name="name" type="checkbox" value="value" /> <input checked="checked" name="name" type="checkbox" value="value" />

Tampilan program



Form Input File
<input accept="mime" list="" name="name" type="file" />

Tampilan program


Form Input Hidden
<input name="name" type="hidden" value="value" />


Form Input Image
<input name="name" src="URL" type="image" /> <input align="alignment" name="name" src="URL" type="image" />

Tampilan Program





Form Input Password
<input name="name" type="password" /> <input maxlength="length" name="name" type="password" /> <input name="name" size="size" type="password" /> <input name="name" type="password" value="value" />

Tampilan program
   

Form Input Radio Button
<input name="name" type="radio" value="value" /> <input checked="checked" name="name" type="radio" value="value" />

Tampilan program


Form Input Range
This is not supported in many browsers.
<input max="max" min="min" name="name" type="RANGE" /> <input min="min" name="name" type="RANGE" /> MAX=max VALUE=value&gt;

Tampilan program
MAX=max VALUE=value>

Form Input Reset
<input type="reset" />

Tampilan Program


Form Input Submit
<input type="submit" /> <input name="name" type="submit" /> <input type="submit" value="value" />

Tampilan Program 


Form Input Button
<input type="button" /> <input name="name" type="button" /> <input type="button" value="value" />

Tampilan program


Form Input Text
<input name="name" type="text" /> <input maxlength="length" name="name" type="text" /> <input name="name" size="size" type="text" /> <input name="name" type="text" value="value" />

Tampilan program
   

Form Select
<select name="name"> </select> <select multiple="multiple" name="name"> </select> <select name="name" size="size"> </select> <select height="height" name="name" src="URL" units="units" width="width"> </select>  content  content  content

Tampilan program
content content content

Form Text Area
<textarea cols="#" columns="" name="name" rows="#"> content </textarea>

Tampilan program

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(PEMODELAN PERANGKAT LUNAK) MATERI PPL KELAS XI

1.  Konsep Dasar Pemodelan Perangkat Lunak      1. Apa itu perangkat lunak? Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi menghubungkan antara pengguna dan komputer yang digunakan.  dapat dibilang perangkat lunak merupakan sebagai media penerjemah perintah yang diberikan oleh pengguna kepada komputer untuk selanjutnya diproses melalui perangkat keras komputer tersebut.Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras yang biasa disebut sebagai device driver, melakukan proses penghitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya, seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman. Secara umum ada tiga jenis perangkat lunak yang diketahui hingga saat ini yaitu sistem operasi yang merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Kedua yaitu perangkat lunak bahasa pemrograman seperti java. Dan yang ketiga yaitu perangkat lunak aplikasi yang merupakan penrangkat yang digunakan untuk memban

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER

TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER 1.     MOTHERBOARD Motherboard juga dikenal dengan nama system board adalah sebuah papan yang berisi komponen-komponen yang terintegrasi dan membentuk sistem penghubung antar bagian pada komputer. Motherboard merupakan bagian komputer yang paling utama. Didalam motherboard terdapat berbagai banyak  soket dan slot konektor. Semua bagian komputer selalu terhubung ke motherboard. Motherboard sering disebut juga dengan Mainboar d dan disingkat(Mobo). FUNGSI  MOTHERBOARD Tugas  motherboard  pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak dan seterusnya JENIS JENIS MOTHERBOARD Jenis motherboard ditentukan oleh tipe processor yang digunakan pada motherboard tesebut. Terdapat dua model Motherboa

INTERKONEKSI ANTAR KOMPUTER

Interkoneksi antarkomponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan tiga komponen (pemrosesan, memori utama dan perangkat masukan/keluaran). Disini saya akan sedikit membahas tentang tiga komponen yang saling terhubung tersebut.   1. Pemrosesan         Pemrosesan data (Inggris: data  processing ) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran. 2. Memori Utama         Memori utama